Selasa, 02 Februari 2016

Rice Mask Whitening (Masker Beras Putih)



Hai semua, welcome to my blog...
Sekarang aku mau kasih tips untuk memutihkan kulit, jenis kulit yang boleh memakainya? Hmmmm, semuanya boleh (kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi, juga kulit sensitif) cuma kalo punya kulit sensitif berarti jangan menggosok terlalu keras saat membilas masker di wajah.
Masker ini sering aku pakai saat kulitku gelap dan juga kalau mau perawatan, bagusnya sih dipakai tiap hari ya... Soalnya setiap hari kulit kita pasti berinteraksi dengan polutan, make up, dan sinar matahari. Tentunya harus dipakai tiap hari. Berikut ini caranya:
  1. Siapkan beras secukupnya. (Biasanya aku takar satu gelas/ cangkir yg gak gede)
  2. Cuci bersih dari debu atau pasir dari pabrik beras (tentunya). (Cuma jangan sampai bersih banget soalnya takut kandungan vitamin dari berasnya larut dalam air, soalnya ada vitamin-B nya yang bisa larut dalam air)
  3. Siapkan mangkuk, rendam beras yang udah dicuci tadi dengan air bersih (sampai tenggelam semua berasnya)
  4. Diamkan sehari sampai 2 hari (boleh semalaman ya, biasanya aku rendam malam dan gak aku tutup, cuma di taruh di tempat bersih aja... sampai keluar seperti buih/ busa sedikit. (Yah kaya mau bikin minuman fermentasi gitu deh hehe...)
  5. Setelah itu (paginya) ditiriskan buang airnya boleh dicuci sedikit supaya amisnya hilang (jangan kebanyakan dicuci yah...)
  6. Jemur beras tadi sampai betul-betul kering semuanya. (Soalnya kalau gak kering, bakal bau banget dan bisa berjamur krn lembap. Soalnya pernah kejadian dulu gara-gara musim hujan, matahari cuma bentar terus lama gak kering-kering di taruh di dapur doank, hehehehe... Akhirnya dia berjamur deh, warnanya jadi menghitam, ckckckckck...)
  7. Setelah betul-betul kering, diblender atau ditumbuk sampai halus. 

  8. Kalau sudah halus boleh digunakan, caranya diambil seperlunya untuk wajah, leher atau kulit tubuh kemudian dicampur air sedikit. Diamkan di kulit hingga kering kemudian bilas. Boleh dijadikan scrub juga dan jangan terlalu keras menggosok di kulit supaya gak iritasi.
  9. Simpan di wadah yang kering, tertutup dan tidak lembap sama sekali.

!WARNING!

Jangan diblender basah-basah soalnya kalo disimpan gak awet, terus kalo disimpan lama jadi bau busuk gitu deh. Soalnya metode nenekku duluuuuuu bikin bedak basah abis direndam, ditumbuk, baru dijemur. Eh sekali dipake langsung bau banget, sama aja kan kaya naruh mikroorganisme/ jamur di muka ckckck malah jangan2 bisa jadi panu-an deh.

Kelebihannya:
  1. Cepat meresap di kulit dan cepat juga nih jadih putih. (Buat aku recommended banget. Tiap kulitku gelap misalnya waktu kemah pramuka wajib di jaman kuliah dulu, setelahnya aku istirahatkan kulit dua hari baru dimasker pake ini).
  2. Murah yang pasti dan mudah dapetinnya secara kita orang Indonesia makanan pokoknya beras.
  3. Bisa diganti sama beras jenis apapun karena tiap beras ada manfaatnya masing-masing. 
Kekurangannya:
  1. Gak bisa langsung jadi, butuh proses ya semaleman yah gapapa lah... Hikhikhiks
  2. Gak bisa langsung pakai beras gilingan yang udah dalam kemasan. Soalnya takut ada tambahan bahan-bahan lain selain yang murni beras lah... (Hehe, gatau juga sih soalnya gak liat pabrik prosesin tepung berasnya kaya gimana)
  3. Butuh proses waktu dan sabar kalo pake bahan alami. Yang penting aman, tapi termasuk cepat kalau diimbangi dengan perawatan dari dalam. Vitamin E&C khususnya untuk pembentukan sel kulit yang baru kita.

INFORMASI PENTING!
Bagi yang gak tau apa kandungan beras :)

Menurut artikel di website International Dermal Institute, beras mengandung agen biologis aktif yang bermanfaat untuk kulit. Kandungan yang bermanfaat untuk kulit dalam beras yaitu asam lemak esensial sebagai sumber vitamin E, vitamin B dan antioksidan. Dalam website International Dermal Institute juga menyebutkan bahwa di dalam beras ada yang namanya Phytic Acid gunanya untuk menutrisi kulit, melembapkan, membantu microfoliation (pengelupasan kulit) menyediakan nutrisi saat microfoliation dan mengontrol melanogenesis (pembentukan melanin pada sel kulit).

Komentar aku:
Sepenuhnya aku senang perawatan menggunakan masker beras ini, manfaatnya full banget. Karena saat kulit habis terbakar matahari, dia lama-lama mengelupas dan beras bermanfaat untuk pengelupasan, nutrisi kulit tetap terpenuhi. Pengelupasan juga mengakibatkan kulit kering, jadi dengan kelembapan yang diberikan, semuanya jadi komplit manfaatnya.

Sumber:
  • Gambar: Google
  • Artikel: The International Dermal Institute's website

0 komentar:

Posting Komentar